Pengalaman Pertama Pajak Motor 5 Tahunan

22.45



Tidak terasa sudah 5 tahun motor saya menemani kemana saja saya pergi. Sejak saya masih duduk di perkuliahan kalau tidak salah semester 4. Pada 3 Oktober kemarin, sudah memasuki waktu pajak dan harus DIBAYAR sebagai warga negara yang baik. Kalau tidak, di jalan raya pastilah bakal tertunda perjalananmu karena polisi akan memberhentikanmu. Kenapa diberhentikan? Polisi tahu kalau plat nomormu belum diganti, karena sudah masuk bulan seharusnya kamu ganti plat nomor. Kalian tahu dan bisa baca apa yang ada di plat nomor kendaraan kalian kan ya? Saya yakin kalian pasti tahu.

Sudah biasa kalau pajak motor setahun sekali yang saya lakukan. Tinggal datang saja ke bus SAMSAT Online atau SAMSAT keliling yang ada di kecamatan, mengumpulkan 
  1. STNK, 
  2. BPKB, 
  3. KTP sesuai dengan nama yang tertera di STNK. 

Selanjutnya menunggu dipanggil nama yang tertera di STNK, bayar, selesai sudah. Kalau yang 5 tahunan ini harus ke SAMSAT pusat dimana STNK ini dikeluarkan (gak begitu tahu juga sih dengan hal ini), karena akan ada pergantian plat nomor untuk masa 5 tahun ke depan. Jangan lupa bawa uang yang lebih dari biasanya kamu pajak motor tahunan ya.

Akan tetapi, sebenarnya ada kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap atau biasa disebut SAMSAT yang dekat dengan rumah saya, hal ini SAMSAT SOLO (kota), tetapi saya harus membayar di SAMSAT KARANGANYAR (kabupaten) dimana alamat yang tertulis di STNK motor saya. Sedangkan rumah saya ada di Karangnyar sebelah Barat, yaitu KOTA BERCORET seperti postingan saya sebelumnya. Daerah rumah saya jauh dengan lokasi kantor- kantor kepemerintahan dari Karanganyar sendiri. Untuk menuju ke Kantor SAMSAT KARANGANYAR saya harus melewati KOTA SURAKARTA, melintasi jalanan yang panjang, menyeberangi Sungai Bengawan Solo yang begitu lebarnya, melewati kebun binatang, dan masih banyak yang saya lewati. Tenang, saya tetap lewat jalan raya kok...hehe.

Setelah sampai di Kantor SAMSAT, langsung saja 

  • Parkir motor kamu, ya.
  • Menuju tempat fotocopy yang ada di wilayah kantor tersebut, serahkan saja KTP dan STNK dan bilang mau ganti plat. 
  • Menuju loket cek fisik untuk mendapatkan semacam kertas tempel 
    Waktu motor saya setelah diesek- esek/ digesek

    by Ruangkuarum
  • Menuju lokasi dimana motor kamu parkir dan menemui petugas "esek -esek" yaitu orang yang tugasnya menggesek nomor kerangka motor kamu ke kertas tempel yang kamu bawa, dan petugas ini meminta sukarela, jadi ya sukarelalah memberikan dia uang walaupun tugasnya cuma menempelkan dan menggesekkan ke nomor yang timbul di kerangka motor kamu. Ketika saya akan menggesekkan kertas saya ini saya harus menunggu bergantian dengan ibu- ibu yang motornya keluaran tahun 2010 ke bawah sekitar 2003an kalau tidak salah (Supra), si petugas sampai membuka bodi depan motor si ibu. Sedangkan pada saat menggesek motor saya tidak sampai segitunya, hanya membuka bagasi dan menggesekkannya di belakang bagian motor dekat pegangan belakang penumpang serta menggesekka di bawah mesin motor dekat  standart motor yang dua itu.        
  • Setelah mendapatkan kertas tempel yang digosok, bawa kembali ke loket dimana kamu diberi kertas tersebut, dan kamu akan diberi semacam beberapa kertas
  • Ambil nomor antrian untuk pajak 5 tahun
  • Menuju loket pengambilan formulir dengan menyerahkan STNK dan KTP asli, lalu cuma disuruh tanda tangan 
  • Menuju loket pendaftaran, mengumpulkan fotocopy KTP dan STNK yang diserahkan oleh petugas fotocopy tadi (lupa ngitung jumlahnya berapa) dan aslinya. Nunggu dipanggil lagi untuk dikembalikan KTP dan mengecek BPKB motor kamu
  • Menuju wilayah kasir. Menunggu lagi sampai nomor antrianmu dipanggil ya.
  • Bayar pajakmu! Selesai? belum!
  • Menunggu lagi untuk mengambil STNK yang baru
  • Setelah itu ambil plat nomor motormu yang baru di lokasi pengepresan plat, dalam hal ini kamu harus mengantri lagi dan menyerahkan STNK yang sudah jadi tadi. Plat nomor saya pada hari itu juga jadi, tetapi teman saya bulan lalu juga sama membayar pajak 5 tahunan plat nomor baru bisa diambil 6 bulan lagi. Saya belum begitu tahu apa yang membedakannya. Kalau diobrolan kami sih mungkin karena tahun pengeluaran dan pembuatan motor yang berbeda, kedatangan kami yang berbeda, teman saya pagi sedangkan saya siang setelah istirahat, dan lalu karena motor saya yang belum injeksi sedangkan motor teman saya sudah injeksi. Mungkin ada yang tahu kenapa ada pembedaan pengambilan plat nomor?
  • SELESAI, kamu adalah orang taat pajak :)

Itulah tadi pengalaman pertama saya pajak motor 5 tahunan. Mungkin di daerah lain ada perbedaan cara dengan di daerah saya.



You Might Also Like

0 komentar

Berikan aku sebait tulisan komentarmu :D