Ketika Umroh Murah sedang Marak (2)

23.04

                
Hotel di Madinah jaraknya menurut saya jaraknya agak jauh dari Masjid Nabawi, sekamar diisi oleh 4 orang saya agak lupa dengan nama hotelnya. Hotel kami di Mekah berjarak sekitar 500-an meter dari Masjidil Haram, agak ngos-ngosan kalau jalan kesana (menurut saya, ini adalah bentuk keikhlasan dalam berusaha). Hotel itu semua tidak sesuai dengan apa yang ditawarkan di flyer yang diberikan oleh biro, tapi itu tak menimbulkan masalah bagi kami dan jamaah yang lain. 

Untuk masalah hotel, teman saya yang juga berangkat umroh pada bulan yang sama, dengan biro berbeda  dan pembayaran kami hanya berselisih 2 juta rupiah bisa mendapatkan di hotel terdekat pintu masuk masjid Nabawi maupun Masjidil Haram. Waktu keberangkatan dan kepulangan  pesawat yang saya dan teman gunakan juga berbeda, saya Saudi Arabian Airliness dan teman saya Garuda Indonesia.

 Kegiatan umroh kita memang sama, tapi memang fasilitas yang kami gunakan berbeda. Inilah wujud dari perbedaan pelayanan dari masing- masing biro umroh yang ada. Karena umroh sekarang adalah bisnis yang menggiurkan, banya biro- biro umroh yang bertebaran. Tinggal kita pintar- pintarnya dalam memilih seperti juga yang dikatakan oleh Pak Baluki, kita harus jeli, berpikir arif, benarkah yang ditawarkan, dan jangan mudah percaya. Biaya  umroh yang pasti tidak kurang dari/ minimal 19 juta rupiah, apabila di bawah dari itu, patut untuk dipertanyakan. Karena ketika kita ibadah kita yang butuh, biro hanya memfasilitasi kita untuk beribadah.

Disini saya menulis hanya untuk menanggapi apa yang ada di luar sana dan menceritakan apa yang ada di hati saya dan yang saya alami. Tidak ada unsur dalam menjatuhkan pihak manapun. Saya juga berharap semua permasalahan yang terjadi antara biro umroh dan calon jamaah umroh segera terselesaikan, calon jamaah segera diberangkatkan. Tidak ada lagi biro umroh yang nakal, dan dimohon untuk kejujurannya dalam menyajikan dan menawarkan apa yang sebenarnya akan diberikan kepada calon jamaah umroh. Bagi calon jamaah umroh semoga menjadi umrotan mabruran. ❤❤❤

You Might Also Like

0 komentar

Berikan aku sebait tulisan komentarmu :D